Wednesday, August 15, 2012

TPA Prayan yang Mengesankan


Tulisan berikut, barangkali tidak termasuk profil secara spesifik. Lebih ke catatan pribadi. Tetapi semoga tetap bermanfaat, tulisan saya ambilkan dari blog, http://sebelumsunyi.blogspot.com

Ijazah TPA Prayan Tempo Dulu

Pada tahun ini, 2010, ketika membereskan dokumen-dokumen lama di rumah, saya menemukan ijazah yang saya dapat dari TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) Prayan sebagai tanda LULUS sebagai santri di TPA tersebut. Hasil scan ijazah tersebut (gambar diatas) sedikit rusak di bagian foto. Maklumlah, sudah berumur hampir 15 tahun (ijazah diperoleh tahun 1995 ketika saya kelas 6 SD). Ijazah ditandatangani Pak Jazuli dan Mas Munar. Beberapa informasi dari ijazah yang saat ini tidak perlu dipublikasikan sengaja saya blok :).
Sejenak saya mengingat-ingat cerita perjalanan saya belajar di TPA Prayan untuk saya tuliskan.

Sebenarnya pertama kali dalam belajar membaca Al Qur’an saya diajari oleh Ayah menggunakan buku iqro’. Hal tersebut terjadi ketika saya masih kecil (sekitar umur 6 tahun). Waktu itu saya setahu saya, iqro’ adalah bagian dari Al Qur’an. Terdiri dari 6 jilid. Sampul dari karton. Ditulis oleh As’ad Humam dan tim AMM Kotagede. Saat saya beranjak besar baru tahu bahwa iqro’ adalah sebuah metode belajar membaca Al Qur’an.

Kembali ke cerita, waktu itu masjid di kampung saya belum serapi sekarang organisasinya (sekarang juga belum rapi-rapi amat sih..), sehingga Ayah memasukkan saya ke TPA Prayan yang terletak di desa sebelah. Jaraknya sekitar 1 km dari rumah saya tempuh dengan sepeda.
Hari pertama masuk ke TPA Prayan, saya sudah membawa Al Qur’an besar berwarna biru. Saat itu saya memang sudah sedikit bisa membaca Al Qur’an hasil didikan Ayah. Ketika TPA dimulai, santri diharuskan tes agar diketahui kemampuan dasar untuk penentuan tingkat kemampuan membaca Al Qur’an. Dengan percaya diri dan penuh harap saya bilang ke penguji waktu itu, Bpk Nurhadi. Saya bilang bahwa saya sudah Al Qur’an. Harapan saya supaya langsung ke tingkat Al Qur’an, tidak perlu belajar Iqro’ lagi. Ternyata keputusan akhir Bpk Nurhadi mengharuskan saya belajar Iqro’ lagi. Kalau tidak salah mulai Jilid 4. Sedikit jengkel juga saat itu. Jengkel ala anak kecil yang hanya dipendam. Saat ini, Bpk Nurhadi adalah Ketua Cabang Muhammadiyah Kecamatan Minggir, senior saya di persyarikatan yang sering kerja bareng. Dan sampai saat ini pula saya tidak pernah menanyakan ke beliau alasan saya dulu diharuskan belajar dari Jilid 4. Saya menerka karena memang bacaan Al Qur’an saya masih belum lancar.

Jaman saya TPA Prayan memang terkenal disamping TPA Suronandan. Anak-anak sebaya di kampung saya banyak yang ke TPA Prayan, sebut saja Saya, Malul, Jati, Sekar, Tio, Tia, dll. Sedangkan teman sebaya di kampung yang ke TPA Suronandan gak banyak. Setahu saya hanya kakak beradik Amir dan Ahmad. Saat kami kecil kami begitu semangat untuk belajar di TPA. TPA tiap Rabu dan Sabtu dimulai dengan Ashar berjama’ah sampai pukul 17.30. Biasanya saya berangkat daru rumah pukul 14.30, ngampiri 3 kakak beradik Malul-Jati-Sekar. Kadang mereka belum mandi, sehingga saya menunggu mereka. Tapi menunggu mereka mandi adalah menuggu yang tidak menjemukan, bahkan kadang selalu dinanti, karena saya menunggu sambil nonton film kartun. Seingat saya nama filmnya Bumpty Boom (mobil yang bisa bicara), dan Speed Racer (balapan).

Banyak ustadz yang saya tahu, Mas Munar, Mbak Murin, Mbak Dewi, Mas Zahrowi, Mas Widodo, Mas Rusi, dll. Dari sekian banyak ustadz yang ada, Mas Zahrowi-lah yang jadi favorit saya. Nggak galak dan enak cara ngajarnya. Saat ini, Mas Zahrowi sesekali juga menjadi rekan kerja bareng di persyarikatan. Beliau dari ranting Sendangsari. Saya dari ranting Sendangrejo. Ketemu di Cabang Minggir. Mas Rusi terkadang juga ketemu, saat ini beliau aktif di Pelatihan Shalat Khusyuk.

Santri TPA Prayan waktu sangat banyak. Membaca majalah Taman Melati, jajan es, main petak umpet, menyanyikan mars dn hymne TPA dari balik Iqro’ adalah kebiasaan santri-santri. Sesekali kami diajari Bahasa Inggris oleh mbak Dewi. Kosakata yang saya ingat adalah ballon, whiteboard, dan blackboard yang diajarkan di ruang TK sebelah mushola.

Syarat lulus dari TPA Prayan salah satunya adalah sudah bisa membaca Al Qur’an dengan kemampuan cukup baik. Pada tahun 1995 saya menjadi salah satu dari wisudawan. Acara wisuda akan digelar di malam hari dengan mengundang wali santri dan beberapa tokoh. Salah satu tokoh yang datang adalah Ibu Sitoresmi. Saat itu, setahu saya Ibu Sitoresmi adalah orang besar dari kota. Hadir sebagai apa saya tidak tahu. Tokoh lain yang datang adalah Bpk Gelael Martono (kalau tidak salah) yang memberikan pengajian. Acara wisuda juga diramaikan dengan opera dan pembacaan puisi. Bagi saya, ikut sebagai pemain dalam opera adalah hal yang membanggakan. Saya akan merasa sangat senang kalau saya bisa ikut memainkan peran dalam opera tentang perjuangan Nabi melawan jahiliyah. Saya mengharap dapat tugas sebagai pemain opera.

Pembagian tugas dimulai. Ada yang baca puisi, opera, dll. Tibalah saatnya saya dikasih kabar. Akhirnya saya dijatah jadi MC bareng Istak. Sedangkan Malul mendapat jatah sebagai pembaca puisi berjudul “Ibu”.Kecewalah saya karena gagal bermain dalam opera.

Panggung megah dibuat di depan rumah Simbah (Ibu Mas Rusi), tepat di depan tembok ruang tamu beliau. Panggung ditutup tirai yang dapat terbuka ke atas jika talinya yang terletak di balik tembok ruang tamu Simbah ditarik.

Hari H datang, acara dimulai malam hari. Saya ingat saat itu saya memakai celana panjang hijau tua merk Freeway yang kata Ibu saya itu adalah celana yang bagus. Pada hari H, ketika saya harus siap menjadi MC, saya masih memendam keinginan yang sangat untuk bisa main opera. Bahkan beberapa menit sebelum acara dimulai pun saya masih ingin main di opera. Ketika acara akan dimulai, saat itu juga keinginan saya harus dikubur. Saya pasrah jadi MC.

Acara pun dimulai. Saya dan Istak segera mengambil posisi berdiri di atas panggung dengan tirai panggung yang masih tertutup. Saat acara dimulai, tirai ditarik naik ke atas sementara kami yang sudah standby di atas panggung disorot lampu yang menerpa wajah kami. Ratusan mata hadirin melihat ke kami dan pertanda acara dimulai adalah ketika pertama kali kami berdua mengucapkan: “Assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh..”

Satu persatu acara dimulai, setiap selesai bicara di depan kami segera duduk sebelah panggung. Tibalah saatnya opera tampil. Saat menjelang opera dimulai, Istak meninggalkan saya, katanya mau ikut opera. Wah, saya sendirian. Opera pun dimulai. Beberapa pemain yang ikut antara lain Mardiman sebagai Umar bin Khattab yang memusuhi Nabi tetapi kemudian luluh dengan bacaan Al Qur’an Fatimah yang diperankan Atit. Saat itu Atit memakai pakaian warna putih. Heri dari kampung sebelah berperan sebagai orang yang digantung. Santo teman SD saya ikut dalam gerombolan jahiliyah. Istak entah jadi apa, sepertinya dia cuma ingin rame-rame bersama kaum jahiliyah. Fragmen cerita jahiliyah adalah ketika music ala pesta pora dimainkan, pemain-pemain yang berperan sebagai kaum jahiliyah segera berakting mabuk, main kartu, ngakak-ngakak, dan goyang gak karuan. Santo menyebar kartu ke atas sehingga suasana tampak semakin ramai. Ramai sekali waktu itu, penonton tampaknya sangat terhibur dengan acara itu. Dan saya tidak ikut menghibur mereka…

Entah kenapa saat itu saya merasa kecewa karena mendapat peran MC. Kekecewaan anak kecil yang saat ini alhamdulilah sudah hilang. Terimakasih kepada para pendidik TPA Prayan, semoga ilmunya bermanfaat bagi kita semua.

sumber: sebelumsunyi.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment